KUNJUNGAN SMAN 1 KOTABARU

Kotabaru- Hak Asasi Manusia (HAM) adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional.

 Dalam Undang-Undang No.39 tahun 1999 Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat Negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi dan mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.Yang sekarang telah menjadi UU No.26/2000 tentang pengadilan HAM yang berbunyi pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja ataupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang berlaku .

 Rabu, 7 Maret 2018 Pengadilan Negeri Kotabaru mendapat kunjungan dari Siswa dan Siswi SMAN 1 Kotabaru sebanyak 29 orang dalam rangka memenuhi mata pelajaran PPKN yang materinya adalah Pelanggaran HAM. Dimana siswa dan siswi diharuskan untuk melihat persidangan secara langsung.

WhatsApp Image 2018 03 06 at 20.28.012

 

 

WhatsApp Image 2018 03 06 at 20.28.01

 

Pendidikan hukum hakikatnya merupakan proses kesadaran diri setiap peserta didik pada tataran awal terhadap fungsi dasarnya sebagai anggota masyarakat. Pelajaran tentang hukum bukanlah hanya mata kuliah di perguruan tinggi namun dapat dikenalkan sejak dini dalam setiap diri untuk membangun kesadaran setiap peserta didik. Di sinilah sejatinya pembelajaran hukum mempunyai posisi yang sangat penting dalam sistem pendidikan suatu bangsa karena tujuan makro pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan beradab itu dapat dicapai melalui pendidikan hukum di tingkat pendidikan dini.